Simak ini Kalau Pengen Lolos masuk Perguruan Tinggi Idaman

Gagal SNMPTN? Santai aja, duniamu Gak Cuma buat gagal SNMPTN!

Siapa sih yang tidak ingin melanjutkan pendidikan yang semakin tinggi sehingga akan menambah ilmu kita serta membuat kita akan mendapatkan pekerjaan yang lebih tinggi daripada hanya lulusan SMA? Tentu saja itu adalah dambaan setiap siswa yang telah selesai melaksanakan ujian akhir. Bagi mereka yang memiliki mimpi lain atau tidak ingin melanjutkan pendidikan karena berbagai macam alasan, tentu pernyataan ini tidak tepat untuknya. Untuk mencapai hal yang besar tentu akan sepadan dengan usahanya yang juga besar, dan kita tidak perlu khawatir dengan kepuasan yang akan kita rasakan saat kita berhasil memperjuangkan mimpi kita. Hal yang sama juga berlaku jika kita ingin bisa kuliah di jurusan dan universitas yang kita inginkan.

Setelah berkutat dengan soal Ujian Nasional baik yang berbasis komputer maupun tidak, yang menuai banyak protes karena tingkat kesulitannya yang tergolong tinggi, kini siswa kelas 3 SMA sederajat telah menerima pengumuman Seleksi Nasional Masuk Peguruan Tinggi (SNMPTN). Perasaan kecewa saat mengetahui bahwa diri kita tidak diterima di perguruan tinggi pilihan kita adalah hal yang sudah tentu hadir untuk kemudian menjatuhkan ras apercaya diri kita. Rasa inilah yang akhirnya membuat kita ingin menyerah menggapai apa yang ingin kita capai. Tapi sadar atau tidak, jatuhnya rasa percaya diri inilah yang akhirnya akan menjatuhkan mimpi-mimpi kita untuk bisa kuliah di perguruan tinggi yang kita dambakan.

Jangan Nyerah Dulu, Masih Ada SBMPTN!

Jalur kedua untuk bisa diterima di perguruan tinggi adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SBMPTN. Jalur ini memang lebih menyeramkan dan berliku, jika SNMPTN bisa dengan mudah karena sebagian besar proses pendaftaran dilakukan oleh sekolah, maka SBMPTN menuntut kita untuk berjuang lebih keras lagi. Bukan hanya proses pendaftarannya yang lebih banyak kita perjuangkan sendiri namun juga otak yang harus diperas lebih ekstra karena kita dituntut untuk berfikir lagi, untuk kemudian mengerjakan soal lagi layaknya ujian nasional bahkan lebih sulit.

Kalau kata Thomas A. Edison sih “Many of life’s failures are people who did not realize how close they were to success when they gave up.” Yang artinya kegagalan dalam kehidupan umumnya adalah orang-orang yang tidak menyadari seberapa dekatnya mereka dengan kesuksesan di saat mereka menyerah. Maka siapa yang tau jika ternyata kita semakin di dekatkan dengan perguruan tinggi yang kita dambakan jika melalui jalur SBMPTN? Kita tidak akan tau hasilnya jika kita tidak mencoba, bukan?

Jadi, yakin masih mau nyerah dengan SBMPTN? Coba satu lagi, jika masih gagal juga maka coba lagi. Masih banyak lho ujian masuk lainnya pada perguruan tinggi negeri yang kamu dambakan, misalnya saja jalur Ujian Mandiri. Ujian mandiri memang juga akan menuntutmu untuk belajar lagi, namun jangan salah, menuntut ilmu itu ibadah loh, yang namanya ibadah ya pasti akan mendapat pahala. Atau kita juga masih bisa daftar di perguruan tinggi swasta yang kualitasnya kini juga tidak kalah bagus dengan perguruan tinggi negeri. Jadi tetap berjuang ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *